Blog Al Qaeda Asia Tenggara

Banyak kejanggalan dari blog 'Pintu Syurga' yang mengaku sebagai media resmi Al Qaeda Asia Tenggara. Blog itu ditengarai hanya bikinan orang iseng.

"Ya palsu. Sudah terlalu banyak kejanggalan begitu, nggak mungkin," ujar pengamat terorisme Al-Chaidar kepada detikcom , Jumat (21/8/2009).

Menurut mantan aktivis Negara Islam Indonesia (NII) ini, Al Qaeda Asia Tenggara tidak ada. Yang ada Jamaah Islamiyah (JI). Di Indonesia, JI bernama Tandzim Qoidaitul Jihad.

"Dalam blog ini ditulis Tandzim Al-Qaeda, ini nggak benar, nggak ada itu," kata dosen di Universitas Malikussaleh Aceh, ini.

Blog berlogat Melayu itu juga menggunakan istilah Amir Majlis Syuro untuk menyebut pimpinan Al Qaeda Asia Tenggara. Al-Chaidar menyebutkan, Amir Majlis Syuro tidak ada dalam Tadzim Qoidaitul Jihad. Begitu juga dengan jeneral awwal (jenderal pertama-red) dan jeneral thani (jenderal kedua-red).

"Seharusnya dipimpin Muddabbir Syuro. Kemudian langsung anggota," ungkap Al-Chaidar yang pernah melakukan penelitian tentang Darul Islam (DI) yang membuatnya dekat dengan tokoh JI ini.

Begitu juga dengan Pattani, organisasi jihad di Thailand Selatan, yang tertera dalam blog itu. Menurut Al-Chaidar, organisasi itu sudah lama tidak aktif.

Blog pintusyurgadipattani.blogspot.com dinilai sebagai kerjaan orang iseng untuk mengacaukan informasi keadaan kelompok jihad. Namun siapa pengacaunya, Al-Chaidar tidak mengetahuinya.

Tidak identik dengan Noordin M Top? "Nggak juga, saya kira nggak," kata Al-Chaidar yang telah melihat blog 'Pintu Syurga' itu.

Al-Chaidar juga meragukan isi blog yang mengancam menculik warga negara asing dan polisi serta menyerang penjara Indonesia untuk membebaskan tahanan kasus terorisme.

"Memang ada permintaan mereka (membebaskan tahanan) tahun 2004, tapi nggak ada yang dilepaskan. Mereka lalu diam saja karena mereka hanya bergerak berdasarkan fatwa ulama Thaliban, Afghanistan, dan Irak," bebernya.

Menurut dia, meski ada kejanggalan, ada juga kemiripan di blog yang beralamat di http://pintusyurgadipattani.blogspot.com itu dengan tradisi Al Qaeda yaitu penyebutan Allahu Akbar 3 kali. "Kalau masalah bahasa Melayu itu terserah," tutup Al-Chaidar.

[ disalin dari detik.com]




Mungkin Artikel Berikut Juga Anda Butuhkan...!!!



No comments:

Post a Comment